Ajarkan Sedekah agar Keluarga Raih Kebahagiaan

0
11


Materi tak selalu menjadi faktor kebahagiaan dalam berkeluarga. Kebahagiaan dalam keluarga ternyata bisa didapat jika kita dekat dengan Allah. Dekat dengan Allah dapat dilakukan dengan menyerahkan semua urusan ke Allah. Seperti kata Ustadz Yusuf Mansyur,”Jika ada masalah, larilah ke Allah dulu. Jika ada keinginan akan sesuatu, larilah ke Allah dulu. Jika ada sesuatu yang dikeluhkan larilah ke Allah juga.” Dengan menyerahkan semua urusan ke Allah secara tak langsung akan menjadi bentuk tawakkal sekaligus ikhtiar dalam keluarga untuk mencapai kebahagiaan dalam keluarga. Ikhtiar keluarga dalam mencapai kebahagiaan selain dengan berdoa, sholat, membaca kalam Allah juga bisa didapat dengan bersedekah kepada yang lebih membutuhkan.

Dengan sedekah kepada yang lebih membutuhkan dapat membuat keluarga kita semakin dekat dengan Allah. Jika keluarga kita semakin sering bersedekah tentu akan banyak sekali manfaat-manfaat yang didapat. Manfaat-manfaat dari sedekah ini sudah banyak tertulis dalam hadits-hadits qudsi. Salah satunya, dalam Sabda Rasulullah berbunyi,”Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.”(HR. Ath-Thabrani).

Keluarga mana yang tidak bahagia jika mereka selalu diberi kesehatan oleh Allah hanya dengan bersedekah. Tentunya, semua keluarga pasti bahagia. Karena, dengan kesehatan yang diberi Allah kita pasti akan terus dapat berikhtiar untuk dekat dengan Allah dan tentunya dapat membangun kebahagiaan dalam keluarga.

“Membangun kebahagiaan keluarga tidak didapat dari bertemunya laki-laki yang sempurna dengan perempuan yang sempurna. Karena, kita tidak ada yang diciptakan sempurna. Untuk mencapai kebahagiaan keluarga justru biasanya laki-laki biasa dipertemukan dengan perempuan yang biasa namun saat menjadi keluarga sama-sama bertujuan untuk menjadi lebih baik.”kata Ustadz Cahyadi Takariawan dalam salah satu ceramahnya.

Tujuan untuk lebih baik itu pastilah harus untuk Allah, agar terjadi kedekatan dengan Allah untuk membangun kebahagiaan dalam keluarga.
Bersedekah sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam keluarga diperlukan agar terjadi kedekatan dengan Allah untuk membangun kebahagiaan dalam keluarga. Kebahagiaan dalam keluarga tak hanya terfokus pada materi yang didapat. Namun, fokus kebahagiaan dalam keluarga menurut Islam adalah sama-sama bertujuan untuk beribadah kepada Allah, sama-sama memiliki tujuan untuk menjadi lebih baik. Di sisi sholat dan membaca atau mengamalkan kalam Allah adalah bentuk beribadah kepada Allah, sedekah juga menjadi salah satunya yang membawa keluarga untuk sama-sama menuju kebaikan.

Dengan kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan tentu akan membawa kebahagiaan di dalam keluarga. Kebahagiaan ini sifatnya kontinyu jika kita melakukannya semata-mata hanya mengharap ridha Allah, bukan pengakuan dari orang lain. Membiasakan bersedekah dalam keluarga berarti juga mengajarkan keluarga kita untuk beribadah kepada Allah. Membiasakan keluarga untuk dekat dengan Allah itu penting agar mereka juga dekat dengan kebahagiaan.

Semakin dekat keluarga kita dengan Allah, maka semakin dekat pula keluarga kita dengan ridha-ridhaNya dan kebahagiaan yang dijanjikan Allah. Dari ridha-ridha Allah akan lahir semangat kita untuk beribadah demi membangun kebahagiaan dalam keluarga yang salah satunya dengan sedekah. Sedekah yang kita dan keluarga kita keluarkan yang semata-semata hanya untuk mengharap ridha Allah akan mendatangkan kebahagiaan keluarga tak hanya di dunia namun juga di akhirat.

Dalam ceramah Ustadz Adi Hidayat, ia menjelaskan bahwa jika seorang mayit ditanyai apa yang ia lakukan jika ia dihidupkan kembali di dunia, maka ia akan memilih bersedekah. Karena, dalam sedekah terdapat amal yang terus mengalir dan tidak pernah putus meski kita sudah meninggal. Sedekah dapat menjadi penolong kita di akhirat kelak sebagai pemberat timbangan kebaikan milik Allah. Kita tentu tidak mau keluarga kita hanya mendapat kebahagiaan hanya dari materi dunia saja kan ? semua keluarga yang hidup dengan syariat Islam pasti mendambakan kebahagiaan keluarga yang didapat dari bersedekah. Karena, tak hanya mendapat keistimewaan di dunia saja namun terlebih-lebih, sedekah akan menjadi amalan yang terus mengalir dan tak pernah putus meski kita sudah meninggal nanti.

Solusi untuk membangun kebahagiaan dalam keluarga ternyata selain sholat, membaca dan mengamalkan kalam Allah juga bisa dilakukan dengan bersedekah. Karena, bersedekah dapat menjadi kunci kebahagiaan keluarga. Kebahagiaan keluarga yang tak hanya menjadi kebahagiaan di dunia saja namun juga di akhirat. Tak hanya itu saja, ternyata sedekah juga menjadi sarana mendekatkan kita kepada Allah. Dimana, akar dari seluruh kebahagiaan bagi seorang muslim adalah kedekatannya dengan Allah. Frekuensi seringnya kita dan keluarga dalam bersedekah untuk mendekatkan diri kepada Allah menjadi kunci kebahagiaan keluarga yang akan terus berlanjut karena di dalamnya banyak tersimpan kebaikan-kebaikan, manfaat-manfaat dari bersedekah itu sendiri. Ternyata, memang materi bukanlah hal utama yang membangun kebahagiaan dalam keluarga. Sedekahlah kuncinya. (ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here