Inilah Keajabain Membaca Surat Al-Kahfi

0
102

Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa membaca surat al kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah). Keajaiban dari membaca surat Al-Kahfi sungguh luar biasa. Sebagaimana sabda-sabda Rasulullah dan firman Allah dalam Al-Quran.

Terhindar dari Fitnah Sosok Kejam Dajjal

Dajjal sebagaimana yang sering kita dengar ceritnya adalah makhluk yang sangat buruk dan memiliki satu mata di dahinya. Dajjal memiliki kulit berwarna merah dan berbadan besar. Di ceritakan bahwa ia akan muncul di akhir jaman dan muncul dari segitiga bermuda. Di dahinya juga kan terukir tulisan “Kaf Fa Ro” yang artinya “Kafir”. Dajjal adalah salah satu tanda kiamat. Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa

“Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad).

Dajjal akan membuat kerusakan di muka bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Rasulullah bersabda bahwa rajin membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka dapat terhindar dari fitnah tersebut. “Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya” (HR Dailami).

Diampuninya Dosa oleh Allah Subhanahu wa ta’aala

Allah maha baik. Kita terlihat baik karena Allah menutupi aib dan keburukan kita. Sungguh apabila Allah mau membuka dosa dan keburukan yang telah kita lakukan dalam bentuk luka, maka kita pun tak sudi melihat wajah diri kita sendiri karena penuh dengan luka dan nanah.

Oleh sebab itu, kita sebagai muslim harus banyak-banyak memohon ampunan kepada Allah yang maha baik. Salah satu dari fadilah membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat adalah diampuninya dosa oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana Rasulullah bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at”

Disinari Cahaya Kebaikan di Hari Pembalasan

Umat Islam yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat atau di lain hari maka akan diberikan pahala dan ganjaran serta disinari cahaya kebaikan di hari pembalasan, sama seperti keutamaan Surat Ar-Rahman. Cahaya tersebut akan memancari dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit. Sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Hadid ayat 12 yang berbunyi,

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

Dijaga dari Gangguan Setan

Mendekatkan diri pada Allah dan memohon perlindungannya dari setan. Salah satu usaha mendekatkan diri pada Allah adalah dengan membaca dan mengamalkan Al Qur’an dan membaca surat Al Kahfi termasuk di dalamnya. Sebuah hadist yang oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

Sungguh luar biasa fadilah dari membaca surat Al-Kahfi bagi siapa saja yang mau mengamalkannya dengan mengharap ridho Allah. Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here