Tazkiyah

Jangan Abaikan Dzikir Seusai Shalat

Mari kita cermati bersama, apakah kita termasuk golongan orang yang ingin berlama-lama bermesraan dengan Allah seusai shalat, ataukah golongan orang yang terburu-buru kembali mengerjakan urusan duniawi? Saudaraku, sesungguhnya terdapat banyak keutamaan berdzikir seusai shalat jika kita mau menekuninya. Simak penjelasan berikut.

Menambah Rasa Khusyu’ dalam Berdoa Seusai Shalat

” Hai Orang-Orang yg beriman, Berdzikirlah dg menyebut nama Allah, Dzikir yg sebanyak-banyaknya. Dan bertasbilah kepadanya diwaktu pagi dan petang (QS. Al-Ahzab, Ayat 41 dan Ayat 42) ”. Shalat yang terbaik tentu yang dilakukan dengan khidmat dan tidak terburu buru. Sehingga selalu memiliki jeda waktu untuk mendekat dan meningkatkan rasa iman setelah shalat.

Jalan Masuk Surga

Barangsiapa mengucapkan Dzikir ini di Siang hari dlm keadaan yg penuh keyakinan, lalu Dia Mati di Hari tersebut sebelum Sore Hari, maka dia termasuk kedalam Penghuni Surga. Dan barangsiapa yg membacanya di malam hari dlm keadaan penuh keyakinan, lalu dia Mati sebelum Subuh maka dia termasuk kedalam penghuni surga (Hadits Shahih Riwayat Bukhari). Jelas bahwa seseorang bisa mati kapan saja ya sobat, jika sebelum mati melakukan kebaikan tentu akan menjadi jalan kebaikan dan mencegah azab neraka.

Menambah Rasa Iman

” Agar km sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-nya, menguatkan agama -nya, membesarkan -nya. Dan bertasbih kepada -nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Fath, Ayat : 9) ”. Tentu setiap amal baik yang dilakukan akan menambah rasa iman kepada Allah ya sobat, hal itu termasuk amalan dzikir setelah shalat dimana kalimat dzikir yang diucapkan akan membuat sobat semakin menyaadari kebesaran Allah.

Semakin Dekat dengan Allah

” Karena itu, ingat-lah km kepada-ku niscaya Aku ingat pula kepada-mu, dan bersyukur-lah kepada-Ku dan janganlah km mengingkari nikmat-ku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 152). Berdzikir setelah shalat akan menjadi jalan untuk semakin dekat dengan Allah karena melakukan ibadah shalat dengan lengkap disertai dengan ungkapan pujian dan permohonan ampun kepada Allah dengan dzikir tersebut.

Termasuk Sedekah

” Disetiap Ruas Tulang (Persendian) Manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap Paginya. Tiap tiap Bacaan Dzikir itu adalah Sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah….. (Hadits Riwayat Muslim) ”. Sedekah tentu tak harus dengan uang ya sobat, bahkan dzikir yang diucapkan sepenuh hati pun menjadi jalan sedekah yang mulia di sisi Allah.

Memberi Ketenangan Hati

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (surat al-Ra’ad ayat 28). Tak dipungkiri lagi bahwa dzikir memang bisa mendatangkan ketenangan dan jiwa yang sejuk karena selalu mengingat Allah, jika sobat ingin mendapat hati yang bebas dari gundah, tentu bisa melakukan amalan ini mulai sekarang ya sobat.

Melembutkan Hati

Q.S Al – Anfal 45 yang artinya : “Maka sebutlah nama Allah sebanyak – banyaknya demikian itu akan melembutkan dirimu. Dalam sehari hari tentu banyak hal yang menguji kesabaran kita ya sobat, hal itu terkadang dapat membuat hati menjadi keras, namun sobat dapat meluluhkan hati sendiri dengan memperbanyak dzikir setelah shalat sehingga jiwa tenang dan hati terasa lembut dan menjauhkan dari amalan atau perbuatan yang kotor.

Sebagai muslim, sudah menjadi kewajiban kita untuk membentuk kebiasaan baik guna mengantongi bekal untuk akhirat kelak. Salah satunya lewat keistiqomahan dalam berdzikir seusai shalat. Semoga Allah senantiasa melimpahkan ridho dan pahala untuk kita. (Din)

Join The Discussion