Uncategorized

Keutamaan Hafidz Qur’an

Dewasa ini semakin banyak kalangan baik perusahaan maupun instansi yang memberikan keistimewaan bagi seorang hafidzul Qur’an. Bahkan, tidak sedikit pengusaha menjadikan hafidz Qur’an sebagai salah satu syarat untuk memperoleh sesuatu. Seperti, hafal sekian juz, gratis makan/minum dan sebagainya. Ini menandakan bahwa Al Qur’an semakin dicintai. Lalu apa keutamaan seorang hafidz Qur’an? Berikut ulasannya.
Allah Shubhanahu wa ta’ala telah memuliakan umat Islam, dan telah menjadikan hati orang-orang yang saleh sebagai tempat pemeliharaan firman-firman-Nya, dan dada-dada mereka sebagai mushaf untuk menjaga ayat-ayat-Nya. Allah Shubhanahu wa ta’ala berfirman dalam salah satu hadits Qudsi: “Sesungguhnya Aku mengutusmu untuk menguji dirimu dan Aku menguji denganmu. Dan aku telah menurunkan sebuah kitab kepadamu, yang tidak akan luntur karena air, engkau membacanya di kala tidur maupun terjaga.” (HR Muslim)
Adapun keutamaan seorang hafidz Qur’an dalam Nuzhatul Uqala’ Tahzib Siyaru ‘Alam an-Nubala: 2/247, adalah sebagai berikut:
Pertama, memiliki derajat dan kedudukan yang lebih tinggi dari yang lain ketika di akhirat nanti.
Kedua, al-Hafiz didahulukan urusannya, baik di dunia maupun akhirat, di antaranya, ia lebih berhak menjadi pemimpin.
Ketiga, jasad seorang hafidz tidak dapat tersentuh api neraka.
Keempat, al-Hafiz adalah kekasih Allah.
Kelima, seorang hafidz adalah pembawa panji-panji Islam.
Keenam, seorang hafidz adalah orang yang arif di surga.
Ketujuh, seorang hafidz dapat memberikan syafaat kepada keluarganya.
Terkait dengan hal ini, Imam az-Zahabi di dalam kitab Siyaru ‘Alam an-Nubala dari Abu Sa’id al-Khudri, ia berkata: “Hendaklah kalian bertakwa kepada Allah, karena ia merupakan pangkal dari segala sesuatu. Berjihadlah, karena ia merupalan dalil-dalil ke-Islam-an. Dan hendaklah kalian mengingat Allah dan membaca Al Quran, karena ia merupakan Ruh-mu di Ahli langit dan zikirmu di Ahli bumi.” Mari kita jadikan motivasi untuk menjadi seorang hamba yang senantiasa menjalankan perintah Allah. Sudah hafalan berapa ayat hari ini? (Nisa)

Join The Discussion