Manfaat Sedekah dalam Hidup

0
180

Ada pepatah yang mengatakan bahwa apa yang ditabur itulah yang dituai, apa yang kita tanam itulah yang kita panen. Give and get. Sama halnya dengan perbuatan kita, menyemai kebaikan juga akan memperoleh kebaikan, dan sebaliknya. Dan kebaikan bisa kita lakukan tanpa harus kita memiliki segalanya. Begitu pula dengan sedekah, bahwa untuk bersedekah tidak menunggu kaya dahulu. Tidak sedikit orang yang mendermakan hartanya dengan niat berbagi karena Allah ta’ala, akan memperoleh balasan kebaikan dari Allah dan berbagai manfaat dalam hidup.

Lalu apa sajakah manfaat bersedekah yang luar biasa untuk hidup kita?

Menyembuhkan penyakit

Benarkah sedekah dapat menyembuhkan diri kita dari penyakit?

Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR Thabrani)

Kemudian manfaat sedekah sebagai penyembuh rasa sakit juga tertulis dalam hadits riwayat Abu Dawud,”Obatilah orang-orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah.”

Sedekah, Beri Rasa Bahagia

Tak hanya memberi rasa bahagia bagi penerima sedekah saja, sedekah juga tentunya memberi rasa bahagia pada hati pemberinya. Karena secara tak langsung telah membantu seseorang yang membutuhkan.

Berdasarkan studi yang diterbitkan Ameriocan Journal of Public Health pada tahun 2013, ditemukan fakta bahwa orang yang gemar membantu orang lain dapat pebih terlindungi dari dampak negatif stress.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Allan  Lukas, bahwa sedekah secara ikhlas akan meningkatkan hormon endorfin yang akan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Memperpanjang Usia dan Mudahkan Sakaratul Maut

Rasulullah salallahi ‘alaihi wa salam bersabda, “Sedekah dari seorang muslim, akan meningkatkan hartanya dimasa kehidupanny. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (sakaratul maut) dan melalui sedekah Allah menghilangkan perasaan sombing dan egois (Fiqh Sunnah, Vol 3 : 97)

Menambah Rezeki

Sudah bukan rahasia lagi bahwa konsep memberi dalam islam bukanlah mengurangi. Namun, konsep memberi dalam islam adalah justru menambahi. Rasulullah bersabda, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu dari Allah dengan mengeluarkan sedekah.”

Kemudian, setelah turun perintah tersebut, Allah berfirman, “Hai anak adam, infakkanlah dan sedekahkanlah hartamu, niscaya aku akan memberikan nafkah kepadamu.” (HR Muslim)

Sedekah Penyabab Terkabulnya Hajat

Ternyata, sedekah juga membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan terkabulnya hajat yang diinginkan. Allah bersabda, “Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membayarnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya”(Hadits Qudsi). Yang dimaksud Allah akan membalas lebih cepat adalah juga dalam hal terkabulnya hajat.

Nah, begitu banyak manfaat sedekah yang dapat dirasakan dari segi ruh maupun jasmani. Masihkah ragu untuk bersedekah, berzakat dan berinfak ?.(muf)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here