Menuai Kebaikan dari Silaturahmi  

0
81

 

Ada satu amalan yang apabila kita melakukannya, niscaya kita menuai banyak kebaikan. Silaturrahmi namanya. Islam adalah agama kasih sayang. Salah satunya terbukti dari anjuran membantu sesama dan bersilaturrahmi.

Silaturrahmi merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Dengan bersilaturrahmi, kita mengetahui kabar dari sanak saudara. Dan apabila mereka sedang ditimpa musibah, kita dapat membantunya. Berikut adalah manfaat atau hikmah silaturahmi menurut Islam.

Memberbanyak Rezeki

”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari)

Rezeki ini bisa bersifat langsung ataupun  tidak langsung. Juga banyak wujudnya. Tetapi memang benar bahwa pintu rezeki dapat dibuka dari silaturrahmi.

Kata Imam Nawawi dilapangkan rezeki adalah diluaskan atau diperbanyak rezekinya. Juga bisa maksudnya adalah Allah berkahi rezekinya. (Syarh Shahih Muslim, 16: 104)

Ibnu Hajar dalam Al-Fath menjelaskan, “Silaturahmi dimaksudkan untuk kerabat, yaitu yang punya hubungan nasab, baik saling mewarisi ataukah tidak, begitu pula masih ada hubungan mahrom ataukah tidak.”

 

Saling Mengenal dan Memperluas Persaudaraan

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, MSc mengatakan dalam rumaysho, bahwa silaturrahmi adalah menjalin hubungan dengan kerabat yang pernah putus atau terus menjalin yang telah selama ini ada.

Dengan bersilahutrahmi kita juga bisa saling mengenal dan memperluas persaudaraan. Awalnya hanya mengenal satu orang, kemudian akan banyak mengenal sahabat-sahabat atau saudara yang lain yang bisa jadi tidak kita kenali sebelumnya. Tanpa islahturahmi tentu hal ini sulit terjadi. Kita tidak akan mengenal keluarga, sahabat yang lain, padahal semua umat islam adalah saudara. 

Menambah Empati dan Menjauhi Sikap Egois

Bersilaturahmi juga bisa menambah empati dan menjauhi sikap egois. Saat bersilhautrahmi kita dibiasakan untuk menghargai orang lain, menghormati mereka, mendengarkan cerita dan masalahnya dan hal-hal lainnya. Untuk itu, silahutrahmi secara tidak langsung jika dijalankan secara konsisten akan membentuk empati dan menjauhi sikap egois.

Menambah Kekuatan dan Kesatuan Islam

Rasulullah seringkali menyuruh umat islam untuk saling bersatu agar tidak bercerai berai. Tentu saja efek silaturahmi kekuatan umat islam bisa bersatu dan saling bahu membahu. Andai umat islam hidup individualistis dan tidak saling membantu, maka umat islam bisa bercerai berai dan kesatuan islam akan terancam. Untuk itu dibutuhkan saling bersilaturahmi. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here