Tazkiyah

Tips Agar istiqamah Membaca Al Qur’an

Berdasarkan pengalaman orang-orang, tidak mudah untuk bisa bertahan membaca Al Qur’an dalam waktu lama. Sedangkan kita saat nonton sinetron, bola atau yang lain bisa betah berjam-jam. Bagi yang suka main game, bisa pula betah berjam-jam. Yang suka baca novel atau komik juga bisa berjam-jam. Kenapa kalau Al Qur’an berbeda ya?
Inilah beberapa tips dan kiat kiat untuk istiqamah membaca Al Qur’an :

Pertama, susun Jadual
Waktu terbaik yang disarankan  adalah sebelum masuknya waktu shalat, ataupun setelahnya. Jika terbentur waktu, coba amankan setelah shalat magrib. Sehingga, sembari menunggu isya, kita bisa mempergunakan selang waktu tersebut untuk membaca Al Qur’an. 

Kedua, baca satu halaman perhari
Usahakan untuk membaca setidaknya satu halaman setiap hari. Pilihlah waktu yang lumayan longgar agar tidak tergesa-gesa dalam membaca Al Qur’an.

Ketiga, baca Al-Quran dan terjemahannya
Pakailah mushaf yang disertai dengan terjemahan. Kita pahami dan renungi maknanya. Sehingga, selain membaca ayat, kita tahu artinya.

Keempat, letakkan Al Qur’an di tempat yang mudah dilihat
Agar mudah kita jangkau dan sebagai reminder untuk segera menyisihkan waktu membaca Al Qur’an.

Kelima, gunakan teknologi masa kini
Manfaatkan  teknologi  sebaik-baiknya. Kebanyakkan bacaan Al-Quran yang disediakan telah disertakan dengan subtitle. Kita biaa unduh aplikasi Al Qur’an dari smartphone. Ini akan mempermudah kita untuk membaca Al Qur’an di manapun dan kapanpun.

Keenam, bergabung dengan komunitas cinta Al Qur’an
Dengan bergabungnya kita di sebuah komunitas atau majelis, akan mempermudah kita untuk semakin dekat dengan Al Qur’an. Dimana dalam komunitas tersebut, akan banyak anggota saling mengingatkan dalam kebaikan.

Demikianlah tips dan kiat untuk istiqamah membaca Al Qur’an. Sudah membaca Al Qur’an hari ini? (nis)

Join The Discussion